Pelatihan Urban Farming Jogja – Caping Merapi

Caping Merapi merupakan salah satu kebun agro edukasi terbaik di Jogja. Produk utama yang ditawarkan oleh Caping Merapi berupa pelatihan pertanian organik, bisa dalam bentuk urban farming, budidaya sayur organik, sampai dengan pengolahan hasil panen. Caping Merapi juga menyediakan bibit, benih, dan aneka macam jenis sayuran alami.

Urban Farming

Urban farming adalah kegiatan budidaya yang dilakukan di pekarangan rumah, biasanya pada luas lahan yang sempit. Melalui pelatihan urban farming Caping Merapi diharapkan setiap keluarga mampu menghasilkan sumber makanan sehat dan akses produk pertanian alami dengan jaminan yang jelas. Pelatihan juga akan memfasilitasi, memberikan ilmu, dan memberikan sarana untuk menerapkan urban farming dan bertani ramah lingkungan.

Urban farming

Pelatihan urban farming Caping Merapi di Jogja juga akan memberikan inovasi olahan pasca panen menjadi produk yang bernilai jual lebih tinggi. Edukasi tambahan yang akan didapatkan juga terkait pemanfaatan limbah rumah tangga untuk menerapkan urban farming dan pertanian ramah lingkungan serta inovasi teknologi pertanian terkini.

Kegiatan Urban Farming

Kegiatan pelatihan urban farming yang dilakukan oleh Caping Merapi dimulai dari proses budidaya, panen, hingga pascapanen. Pelatihan dimulai dengan pembuatan wadah yang dipakai untuk menanam, seperti pot, planter bag, limbah plastik, dan ember. Penggunaan media tanam untuk urban farming ini juga dilatih tidak menggunakan tanah, tidak merusak lingkungan, tetapi tetap bagus untuk tanaman, seperti menggunakan sekam, cocopeat, pupuk kandang, dan pupuk kompos.

Planter Bag

Pelatihan urban farming oleh Caping Merapi juga berfokus pada kegiatan budidaya yang dapat dilakukan di lahan sempit, seperti aplikasi vertikal garden, planter bag, dan limbah rumah tangga yang diberi nilai artistik. Komoditas utama untuk kegiatan urban farming adalah buah dan sayur yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Olahan Pascapanen

Peserta pelatihan urban farming diharapkan mampu memanfaatkan hasil budidayanya untuk kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu, akan ada pelatihan inovasi dan pengembangan ide untuk mengolah hasil urban farming yang meliputi sayur dan buah. Komoditas hasil panen akan menjadi masakan yang luar biasa, memiliki nilai jual, serta bergaining power yang bagus. Sebagai contoh yang telah dilakukan di Caping Merapi, labu kuning diolah menjadi es krim, pancake, tempura, dan cream soup.

Urban farming

Oleh: CAPING MERAPI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *