Miracle Fruit, Buah Ajaib yang Menyihir Ketika Dimakan!

Apa sih hebatnya  si buah Miracle Fruit yang satu ini hingga  disebut-sebut sebagai buah ajaib? Yups ! Tanaman buah pemilik nama latin Synsepalum dulcificum ini merupakan salah satu jenis buah langka dan unik, tanaman buah ini diyakini berasal dari Ghana-Afrika barat, dan masih sekerabat dengan sawo manila (keluarga Sapotaceae). Sesuai cuaca di negara asalnya, buah ajaib bisa dikembangkan di daerah yang cuacanya panas.

Buah Miracle Fruit atau yang sering disebut buah ajaib menghasilkan buah yang bentuknya seperti belinjo. Buah bentuknya kecil lonjong dan berwarna merah jika sudah masak. Menariknya lagi adalah tanaman buah ini sangat cocok ditanam didalam pot, karena ia tidak menjadi besar dan tinggi. Ia mulai berbuah ketika berumur 2-3 tahun sejak semai biji dengan ketinggian sekitar 1-1,5 meter. Ukuran pohonnya yang yang relatif pendek dengan sifatnya yang genjah menjadi daya tarik tersendiri dari tanaman buah ini. Si buah ajaib muncul dari batang dan ranting, sehingga apabila sudah masak, ia tampak cantik bergerombol dan berwarna merah terang menyala.

Buah Miracle Fruit yang langka ini tak hanya populer karena namanya saja, yakni miracle yang berarti ajaib atau keajaiban. Akan tetapi, faktanya buah ini memang memiliki kekuatan magic yakni mampu menghasilkan efek yang unik untuk mengubah rasa pada lidah kita. Setelah menikmati buah miracle, menyantap makanan yang berasa asam atau pahit akan otomatis berubah menjadi rasa manis di lidah!  yang menariknya lagi adalah rasa manis yang dihasilkan bukan hanya di lidah saja lho, bahkan sampai ke tenggorokan!

Miracle fruit mampu mengubah rasa di lidah menjadi manis yang tak akan hilang hingga berjam-jam. Efek perubahan rasa yang dirasakan oleh lidah pengecap ini di karenakan adanya kandungan meraculin, yang juga secara global difungsikan sebagai pemanis penggati gula. Miraculin sendiri adalah salah satu molekul glicoprotein, sedikit bercampur dengan rantai karbohidrat. Saat daging buah miracle fruit dikonsumsi, molekul ini terkait terhadap indra pengecap kita. Misalnya, ketika kita mengonsumsi makanan asam,  miraculin ini dapat mengikat proton dan dapat mengaktifkan indra perasa manis dilidah kita. Dampak perubahan pengecapan rasa asam jadi manis ini dapat berjalan hingga protein tersebut memang hilang atau tercuci bersih oleh air liur kita.

Dengan kemampuannya yang unik inilah biasanya miracle fruit sering dimanfaatkan untuk membantu mengawal diet pengambilan gula (khususnya penderita diabetes), membantu orang yang suka makan sayur-sayuran, segala jenis sayur akan berasa manis sehingga cocok buat anak-anak yang tidak suka makan sayur. Selain itu, Miracle Fruit bisa menjadi salah satu solusi yang dapat membantu ‘memperbaiki’ daya rasa para pasien tetep bisa makan dengan rasa yang enak.

Layaknya tanaman perdu, pembiakkan dilakukan dengan biji. Tanaman miracle fruit masih jarang untuk bisa ditemukan. Tidak jarang orang harus mengimpor biji tanaman itu. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena bibit tanaman Miracle Fruit ini bisa kalian temukan di Caping Merapi SANGAT TERJANGKAU! Pohon Buah Ajaib ini bisa Anda dapatkan dengan harga Rp. 50.000. Kunjungi kami di Caping Merapi Jalan Raya Tajem KM 2,5 Wedomartani, Sleman, D.I Yogyakarta.

Sumber : https://ekonomi.kompas.com/read/2013/07/12/1333019/Tahan.Panas.Buah.Ajaib.Gampang.Dibudidayakan.2..


https://www.jualbenihmurah.com/bibit-miracle-fruit-buah-ajaib-70-cm.html#deskripsi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *